Tjandra Limanjaya Mengenai Kualitas Batubara yang ada di Indonesia

Tjandra Limanjaya Mengenai Kualitas Batubara yang ada di Indonesia

Indonesia memiliki salah satu pengusaha yang terkenal yaitu Tjandra Limanjaya. Berbagai bisnis telah berhasil beliau jalankan dengan menuju golnya. Beliau ingin memajukan Indonesia dengan apa yang dia mampu lakukan.

Saat ini Tjandra Limanjaya memiliki bisnis yang berhubungan dengan Batubara Indonesia. Menurut beliau bagaimana kondisi kualitas batubara Indonesia saat ini?

Pengusaha Tjandra Limanjaya berbicara energi batubara Indonesia. Saat ini Indonesia terkenal dengan ekspor batubara ke negara China, India, Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong, Taiwan, Filipina, Thailand, Spanyol dan lainnya.

Batubara yang dikonsumsi dalam negeri, konsumen yang menyerap penggunaan batubara adalah konsumen dari sektor pembangkit listrik (PLTU) dan sektor industri (semen, metalurgi, pupuk, pulp, tekstil dan lainnya).

Seperti apa Kualitas Batubara yang ada di Indonesia?

Batubara

Batubara yang ada di Indonesia (Kompas.com)

Dengan data di atas bahwa batubara Indonesia memiliki kualitas yang bagus sebenarnya. Tjandra Limanjaya mengatakan berdasarkan data BAPPENAS Indonesia menjadi salah satu top coal exporter pada tahun 2013, 2014 mencapai 400 juta ton.

Negara China dan India adalah negara langganan Indonesia dalam tujuan Expor batubara. Tjandra Limanjaya menyampaikan, faktor kualitas batubara Indonesia mayoritas adalah medium rank atau batubara thermal. Batubara jenis ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan batubara PLTU di negara China dan India.

China dan India merupakan top coal consumers dunia dengan porsi konsumsi batubara sekitar 55% dari total konsumsi batubara dunia pada 2013. Selain China dan India, beberapa negara lain yang menjadi konsumen batubara terbesar dunia yaitu Amerika Serikat, Jepang, Rusia, Korea Selatan, dan negara-negara Eropa.

Tingginya jumlah ekspor batubara Indonesia tidak sebanding dengan persentase cadangan batubara yang dimiliki Indonesia terhadap persentase cadangan batubara dunia. Dari total 891 milyar ton cadangan batubara dunia, Indonesia memiliki sekitar 30 milyar ton cadangan batubara atau sekitar 3,1% cadangan batubara dunia (BP Statistical Review, 2016). Adapun negara dengan cadangan batubara terbesar yaitu Amerika Serikat (26%), Rusia (17%), China (12%), Australia (8%) dan India (6%).