Ini yang Perlu Diperhatikan Ketika Power Bank Dilarang di Pesawat

Ini yang Perlu Diperhatikan Ketika Power Bank Dilarang di Pesawat

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan membuat aturan penumpang dilarang membawa power bank ke pesawat. Aturan ini diberlakukan guna menjaga keselamatan dalam penerbangan . Sebelumnya insiden terbakarnya power bank terjadi di dalam kabin maskapai China Southem Airlines pada bulan Februari lalu. Ini merupakan insiden baru dalam dunia penerbangan.

Aturan tersebut berupa SE Nomor 015 Tahun 2018 yang diedarkan kepada maskapai penerbangan dalam serta luar negeri yang melakukan penerbangan di wilayah Indonesia. Poin pentingnya adalah penumpang harus melaporkan pada petugas maskapai tentang power bank serta baterai lithium cadangan.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan pesawat harus memperhatikan barang bawaan Anda. Terutama untuk barang-barang elektronik yang akan dibawa. Jangan sampai gara-gara barang bawaan, penderbangan Anda jadi terhambat.

Untuk power bank sebenarnya ada ketentuan yang boleh di bawa ke dalam pesawat. Power bank yang boleh dibawa adalah yang memiliki daya per jam tida lebih dari 100 Wh. Sedangkan untuk peralatan elektronik dengan daya perjamnya antara 100 Wh hingga 160 Wh harus dengan persetujuan maskapai.  Untuk peralatan dengan daya lebih dari 160 Wh dilarang masuk ke pesawat.

Dengan peraturan dari Dirjen Peruhubungan Udara tersebut juga dijelaskan bahwa power bank atau baterai lithium cadangan dengan daya antara 100 Wh hingga 160 Wh tidak boleh digunakan saat penerbangan. Artinya penumpang dilarang melakukan pengisian daya ulang ke peralatan elekteronik seperti handphone, kamera, dan sebagainya.

Untuk menghindari masalah daya handphone yang lemah sebaiknya penumpang mengisi baterai sebelum jadwal keberangkatan hingga penuh. Jika tiba di Bandara namun baterai ponsel terlihat habis maka penumpang dapat mengisi daya di ruang boarding.

Cara lain yang dapat penumpang lakukan adalah dengan memanfaatkan usb port yang ada di dalam pesawat. Beberapa maskapai penerbangan biasanya menyediakan usb port pada fasilitas entertainment. Untu itu manfaatkan fasilitas itu untuk melakukan pengisian daya pada ponsel Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *