Cara Mencuci Batik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga dan Tidak Cepat Luntur

Cara Mencuci Batik Agar Kualitasnya Tetap Terjaga dan Tidak Cepat Luntur

Batik yang baru saja dibeli memiliki tata cara pencucian yang berbeda dengan batik yang sudah dicuci berkali-kali.

Agar batik kesayangan tetap terjaga dengan baik, anda perlu mengetahui cara mencucui batik yang baik dan benar.

Mencucinya secara sembarangan hanya akan membuat motif batik anda menjadi luntur meskipun baru sebentar digunakan. Agar tetap awet, batik harus dicuci sesuai dengan jenisnya.

Jenis batik tulis dengan batik cap dapat dicuci dengan cara yang berbeda. Tidak hanya itu, anda juga harus hati-hati dalam memilih untuk mencuci batik dengan mesin cuci ataupun dengan tangan.

Cara mencuci batik dengan benar

Mencuci batik yang baru saja dibeli tentu memiliki perbedaan dengan batik yang sudah dicuci berulang kali.

Batik baru biasanya sangat rentan luntur. Oleh karenanya, anda disarankan untuk mencuci batik yang baru saja dibeli dengan cara manual dengan tangan agar serat-serat kain dapat tetap terjaga dengan baik.

Berikut  tata cara mencuci batik dengan tangan yang baik dan benar:

  • Rendam batik baru dalam air dingin dengan detergen cair kurang lebih selama 15-30 menit.
  • Batik di remas-remas sembari mengobor air rendaman
  • Terakhir, bilas batik anda dan jemur di tempat teduh di luar rumah.

Sebagai catatan, pencucian batik baru hanya ditujukan untuk menghilangkan sisa bahan pewarna dan debu, jadi anda tidak perlu menguceknya untuk mengilangkan noda membandel.

Selain itu, anda juga tidak disarankan untuk memelintir kain batik saat memerasnya, namun cukup dengan cara meremas-remas saja, dengan begitu batik yang anda baru anda beli tidak akan cepat rusak.

Jauhi penggunaan bahan pemutih untuk menghilangan kotoran membandel seperti, noda kopi, minyak. Dalam hal ini anda dapat mengatasinya dengan detergen cair.

Mencuci batik dengan mesin cuci

Ilustrasi (Shutterstock)

Saat mencuci batik dengan mesin cuci, yang harus anda perhatikan adalah kecepatan putaran dan pilihan durasi pencucian. Lihatlah label pada baju untuk digunakan sebagai patokan.

Adapun tata cara mencuci batik dengan mesin cuci adalah:

  • Jika terdapat noda atau kotoran di baju batik, hilangkan terlebih dahulu dengan kain bersih yang basah. Kemudian oleskan sedikit detergen cair di atas noda dan diamkan selama beberapa menit.
  • Masukkan baju batik ke mesin cuci dengan warna yang sama serta dengan bahan yang sama untuk menghindari luntur.
  • Cuci dalam waktu singkat dengan suhu air rendah agar serat kain tidak cepat rusak.
  • Setelah selesai, jemur baju batik di tempat teduh di luar rumah. Hindari sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warna batik.

Sebagai informasi, mencuci batik dengan mesin cuci hanya dapat digunakan untuk batik jenis cap saja. Untuk batik tulis, anda tetap disarankan untuk mencucinya secara manual guna menjaga warna batik tetap awet.

“Ingin mendapatkan informasi seputaran gaya hidup dan hal-hal menarik lainnya? Yuk, pantau terus Berita harian online lifestyle di website kami”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *