Inilah Prestasi Indonesia di Asian Games

Inilah Prestasi Indonesia di Asian Games

Asian Games merupakan salah satu event olahraga terbesar negara-negara di kawasan Asia. Ajang olahraga yang berlangsung empat tahun sekali ini diselenggarakan sejak 1951. Berbagai cabang olahraga dipertandingkan seperti akuatik, atletik, sepak bola dan sebagainya.

Gelaran Asian Games ke 18 kali ini akan diadakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang. Acara yang berlangsung mulai tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Indonesia sudah ke dua kalinya dipilih sebagai tuan rumah Asian Games, yakni pada tahun 1962 di Jakarta dan pada 2018 ini.

Prestasi Indonesia di Asian Games memang masih kurang dibandingkan negara lain seperti Tiongkok, Jepang, ataupun Korea Selatan. Namun demikian, untuk wilayah Asia Tenggara Indonesia menempati urutan kedua dengan total perolehan sebanyak 407 medali di bawah Thailand dengan total 466 medali. Perolehan medali Indonesia terdiri dari 87 emas, 117 perak, dan 203 perunggu. Meski sudah digelar sejak 1962, Indonesia baru mengikuti Asian Games sebanyak 16 kali.

Salah satu cabang olahraga yang selalu mendapat sorotan publik adalah sepakbola. Cabang olahraga ini selalu ditunggu pertandingannya dan masyarakat Indonesia juga menaruh harapan besar agar mendapatkan prestasi terbaiknya.

Sejauh ini prestasi Indonesia di Asian Games cabang sepakbola memang tidak begitu bagus. Pencapaian terbaik adalah pada Asian Games tahun 1958 di Tokyo, Jepang. Saat itu, Timnas Indonesia berhasil memperoleh medali perunggu  setelah mengalahkan India dengan skor 4-1.

Hasil tersebut juga memperbaiki catatan Timnas Indonesia pada Asian Games sebelumnya yakni di tahun 1954. Pada pagelaran yang berlangsung di Filipina itu, Indonesia harus takluk dari Burma dengan skor 4-5.

Sedangkan untuk prestasi Indonesia di Asian Games cabang Bulutangkis, Indonesia cukup membanggakan. Sejak dipertandingkan mulai 1962, Tim bulutangkis Indonesia hampir selalu memperoleh medali. Terkecuali pada tahun 1970,1986, dan 1990.

Terakhir kali Timnas Bulutangkis Indonesia juara adalah pada tahun 2014 dari tim ganda putra yang diwakili Moh. Ahsan dan Hendra Setiawan dan ganda putri yang diwakili Gerysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *