Wisata Kuliner Makanan Khas Lamongan Yang Menggugah Selera

Wisata Kuliner Makanan Khas Lamongan Yang Menggugah Selera

Lamongan merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai makanan khasnya enak dan menggugah selera.

Jika anda mengunjungi kota yang satu ini tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi beragam kuliner khas kota Lamongan, nah bagia anda yang belum tahun apa saja si makanan khas Kota Lamongan marik kita simak pembahasanya.

– Soto Lamongan

Makanan yang satu ini sudah terkenal dan menjadi salah satu favorit makanan bukan hanya warga Lamongan melainkan hampir seluruh pelosok Indonesia. Ciri khas dari Soto Lamongan ini adalah kuahnya berwarna kuning berminyak dan ditambah dengan berbagai rempah di dalamnya.

Biasanya didalam soto ini terdapat suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, mie bihun, dan irisan telur telur ayam dengan ceker ayam, kulit ayam dan sayap. Dalam penyajiannya juga ditambahkan bawang goreng, jeruk nipis dan sambal serta krupuk udangĀ  dan semakin khas dengan tambahan koya semakin menambah cita rasa soto.

– Nasi Boranan

Makana yang satu ini terdiri dari berbagai rempah dan campuran makanan seperti eperti ikan bandeng, daging ayam, tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, hingga ikan sili yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis lauk lainnya.

– Bandeng Colo Lamongan

Makanan ini berbahan dasar ikan Bandeng dan dicampur dengan berbagai rempah dan sayuran sup kuning. Dinamakan colo-colo karena sambal pedasnya bercampur dengan rasa masam jeruk nipis.

Di Lamongan, makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

– Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur bukan makanan yang aneh bagi sebagian besar lidah orang Jawa, sekarang makanan jenis ini sudah mulai bisa ditemukan diberbagai kota di pulau Jawa.

Tahu Campur yang satu terbuat dari tahu, lontong, dan perkedel ketela pohon, bihun, serta daging sapi yang dipadukan dengan sayuran berupa daun selada dan kecambah (toge). Makanan ini disajikan dengan kuah yang sudah dicampur dengan petis udang.

Demikian beberapa makanan khas Kota Lamongan yang sudah menjadi identitas khas makanan Lamongan, apakah anda belum mencobanya? Jika belum anda harus mencobanya dan rasakan sensai sedap dan menggugah selera dari makanan-makanan tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *