PLTA Kayan, Sebuah Pembangkit Listrik Terbesar yang Dibangun di Sungai Kayan

PLTA Kayan, Sebuah Pembangkit Listrik Terbesar yang Dibangun di Sungai Kayan

Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar yang Dibangun di Kaltara Akan Memanfaatkan Aliran Sungai Kayan.

Provinsi Kalimantan Utara sebentar lagi akan tercatat dalam rekor sejarah. Hal ini karena Provinsi termuda Indonesia ini bakal memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara dengan total kapasitas terbangun sebesar 9.000 megawatt.

Memiliki kapasitas sebesar itu, membuat PLTA ini menjadi PLTA terbesar di Indonesia mengalahkan PLTA Cirata yang hanya memiliki kapasitas 1.008 megawatt.

Untuk menghasilkan kapasitas 9.000 megawatt, PLTA ini akan memanfaatkan aliran Sungai Kayan yang berada di Kecamatan Peso Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

Mengenal Sungai Kayan, Sumber Energi PLTA Kayan

Sungai Kayan (budisusilo85.blogspot.com)

Sebagai informasi, berbatasan langsung dengan Malaysia ternyata Kalimantan Utara tidak hanya dipenuhi oleh hutan rimba yang dijadikan tempat tinggal dari sejumlah hewan endemik Indonesia saja, melainkan juga ‘rumah’ bagi sungai-sungai.

Di antara sekian banyak sungai yang ada di provinsi ini, muncul satu nama sungai yang digadang sebagai yang paling besar di sana, yaitu Sungai Kayan. Sungai ini memiliki hulu di Gunung Ukeng ini bermuara di Laut Sulawesi dengan total aliran sepanjang 576 km.

Nah, sungai inilah yang nanti akan dimanfaatkan sebagai sumber energi dari PLTA Kayan.

Hal ini diperkuat dengan survei yang dilaksanakan PT Indonesia Dafeng Hesfun Energi Industri (IDHE) yang menunjukkan bahwa Sungai Kayan di wilayah Kabupaten Bulungan ini memiliki potensi debit air mencapai 1.000 meter kubik per detik yang dapat meghasilkan listrik 1.000 megawatt melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),, dilansir dari bulungan.go.id.

Terkait dengan pembangunan PLTA yang akan dibangun di Sungai Kayan, Pemkab Bulungan melalui Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala menyambut baik rencana pembangunan Hidropower plant atau pembangkit listrik tenaga air di wilayah Bulungan.

Seperti yang diketahui, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Sungai Kayan ini masuk dalam proyek strategis pemerintah Pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning – Mangkupadi.

Nantinya listrik yang dihasilkan oleh PLTA Kayan akan disalurkan ke kawasan industry dan pelabuhan internasional di Tanah Kuning. Selain itu, PLTA Kayan juga digunakan untuk memasok listrik ibu kota baru dan melistriki daratan Pulau Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *