Seniman Indonesia-Jepang Ramaikan Pameran Budaya di Bali

Seniman Indonesia-Jepang Ramaikan Pameran Budaya di Bali

Seniman Indonesia dan Jepang mengikuti pameran seni pada  event Ever Media Promotion (EMP) Gallery Japan dan Danes Art Veranda. Pameran seni tersebut untuk menandai hubungan diplomatik kedua negara yang sudah berlangsung sekitar 60 tahun. Seniman yang mengikuti pameran seni ini berjumlah 10 seniman asal Indonesia dan 53 seniman asal Jepang.

Chef Executive Officer EMP Gallery Japan Hidemasa Kimura mengungkapkan bahwa pameran yang berlangsung di Bali tersebut merupakan pameran seni untuk kedua kalinya. Pameran pertama pernah diadakan di Ubud, dan pada saat itu hanya menampilkan karya seni dari seniman Jepang. Sedangkan yang kedua akan menampilkan karya seni dari kedua negara.

Dalam gelaran tersebut terdapat toal 109 karya seni yang akan dipamerkan. 10 karya seni berasal dari seniman Indonesia, 36 lukisan dari Japan Club, 10 lukisan dari karya seni pelajr Sekolah Menangah Umum negeri 81 Jakarta, dan 53 karya senilainnya yang berasal dari seniman Jepang.

Untuk seniman yang mengikuti gelaran seni di Bali tersebut antara lain Rendra Samjaya, Galung Wiratmaja, Gerry Yahya, Anthok S, Winarto, Diwarupa iNm, Made Budhiana, Tatang B,Sp, Made Supena, dan Made Gunawan.

Dalam acara tersebut karya-karya yang ditampilkan meliputi karya lukis dan patung. Tema yang diusung beragam mulai dari tradisi, sosial, landscape, binatang, abstrak, dan kaligrafi. Selain itu, teknik yang digunakan juga beragam.

Hasil karya yang dihasilkan setelah dipamerkan di Bali nantinya akan dipamerkan di Jepang selama satu bulan.

Deputi Konsul jenderal Jepang di Denpasar Koichi Ohashi mengungkapkan bahwa pameran budaya yang dilaksanakan oleh kedua negara diharapkan mampu mengenalkan budaya masing-masing. Hal ini penting karena karya seni dan kebudayaan dipercaya dapat menjembatani pencapaian diplomasi kedua negara. Terlebih dengan melibatkan para generasi muda dalam pameran tersebut dapat meningkatkan hubungan baik keda negara.

Selain dengan diplomasi budaya melalui pameran, hubungan antara Indonesia-Jepang juga dipererat dengan kegiatan pertukaran pelajar yang suadh dilakukan selama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *