PLTA Kayan Akan Dibangun di Kaltara, Produksi Listriknya Mampu Kalahkan PLTA Vietnam

PLTA Kayan Akan Dibangun di Kaltara, Produksi Listriknya Mampu Kalahkan PLTA Vietnam

Kajian pembangunan PLTA Kayan sudah dilakukan sejak tahun 2009.

PT Kayan Hidro Energi berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air di Sungai Kayan Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara). Pembangkit listrik berbasis hidro tersebut digadang-gadang bakal menjadi yang terbesar di Indonesia dengan kapasitas hingga 9.000 megawatt (MW).

Direktur PT Kayan Hidro Energi Khaerony mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian secara komprehensif baik dari segi teknis maupun lingkungan sejak 10 tahun silam. Oleh karenanya, perusahaan optimis akan dapat membangun PLTA di Sungai Kayan pada akhir tahun 2019.

“Kita sudah prepare kajian dan kesiapan dari hulu sampai hilir, akhir tahun ini kita rencanakan mulai konstruksi,” ucap Khaerony kepada awak media di Jakarta, Rabu (21/8/2019) seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Presiden Jokowi minta konstruksi PLTA Kayan dipercepat

PLTA Batangtora (Sindonews.com)

Dalam pertemuan yang dijalin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dengan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie pada akhir Agustus Lalu, Luhut meminta agar pembangunan PLTA dapat segera terealisasi.

Luhut menyebut, percepatan realisai pembangunan PLTA Kayan merupakan permintaan langsung dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk disampaikan ke kepala daerah.

“Pak Menko mengundang saya kemarin. Jadi, saya datang tadi malam (Jumat, 23/8/2019) dari tanjung selor. Beliau menyampaikan pesan dari Presiden agar pembangunan proyek PLTA di Kaltara bisa dipercepat,” beber Irianto, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Irianto mengatakan, saat ni ada dua perusahaan yang ditunjuk sebagai investor PLTA di Kaltara, salah satunya adalah PT Kayan Hidro Energi yang akan membangun PLTA terbesar di Indonesia bahkan di ASEAN.

“Semua yang sudah ada izin (diminta untuk mempercepat realisasi). Kayan kan sudah dalam proses mau konstruksi,” ungkap Irianto

Sebagai informasi, pembangunan pembangkit listrik berbasis tenaga hidro di Kaltara akan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar ketimbang PLTA Cirata di Jawa Barat yang memiliki kapasitas 1.008 MW.

Jumlah daya yang dihasilkan oleh PLTA Kayan bahkan tiga kali lebih besar dari PLTA Son La yang berkapasitas 2.400 MW yang berada di Sungai Da, 340 Km sebelah barat Hanoi, Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *