PLTA Kayan: Pemerintah Tugaskan Moeldoko Untuk Memantau Pembangunan PLTA

PLTA Kayan: Pemerintah Tugaskan Moeldoko Untuk Memantau Pembangunan PLTA

Pemerintah Melalui Moeldoko Akan Pantau Pembangunan PLTA Terbesar Indonesia yang Berlokasi di Kalimantan Utara.

Beberaapa bulan lalu, Kepala Staf Kpresidenen (KSP) Moeldoko telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie membahas persiapan dimulainya konstruksi pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Sungai KAyan, Kabupaten Bulungan.

Pertemuan yang dilangsungkan di ruang kerja Moeldoko kompleks Istana Negara, Jakarta tersebut turut dihadiri Bupati Bulungan, H Sujati, SH, Direktur Krimsus Polda Kaltara Kompes Pol. Helmi Kwarta Kusuma Putra dan Presiden PT Kayan Hydro Energy (KHE), Chandra Lee.

Moeldoko Bakal Pantau Pembangunan PLTA Kayan

Dalam pertemuan tersebut Gubernur Kaltara menyampaikan beberapa point terkait pertemuannya dengan Moeldoko. Salah satunya yakni sesuai dengan penjjelasan Moeldoko dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menugaskan Moeldoko untuk mengkoordinasikan, memonitor, mengendalikan pelaksanaan investasi proyek-proyek strategis nasional.

Seperti yang diketahui, PLTA Kayan masuk sebagai salah satu proyek strategis nasional pemerintah, proyek strategis itu meliputi Pembangunan PLTA, Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI).

PLTA, Pertemuan Gubernur Kaltara dan Moeldoko (rakyatkaltara.prokal.co)

Untuk pembangunannya, PLTA Kayan rencananya akan dibangun lima bendungan dengan menghasilkan kapasitas listrik 9.000 megawatt.

Bendungan PLTA Kayan 1 yang akan menghasilkan listrik 900 megawatt akan segera dimulai pembangunannya. bendungan Kayan 2 akan dibangun dengan kapasitas 1.200 megawatt. Sedangkan untuk bendungan ketiga dan keempat masing-masing menghasilkan 1.800 megawatt. Dan yang terakhir, bendungan kelima akan menghasilkan aliran listrik sebesar 3.200 megawatt.

Selain itu, hal yang dibahas dalam pertemuan itu yakni hal-hal teknis hingga sosial kemasyarakatan, yang berkaitan dengan PLTA yang akan dibangun.

Jadi intinya, Presiden Jokowi menugaskan Moeldoko untuk terus mementau jalannya proyek tersebut. Presiden berharap, pembangunan PLTA ini akan menjadi penopang utama KIPI bisa selesai sesuai target.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Irianto berharap doa dan dukungan seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kalimmantan Utara. Ia berharap, pembangunan PLTA Kayan yang sudah lama diimpikan ini bisa berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Gubernur Irianti menegaskan, pembangunan PLTA Kayan ini juga dapat meningkatkan perekonomian di sekitar. Pasalnya di kawasan ini nantinya akan dilengkapi berbagai sarana seperti hotel, pasar, hotel, sarana publk dan rumah sakit.

Horee, jika pembangunan PLTA Kayan sudah dimulai. Masyarakat Indonesia bakal memiliki pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Asia Tenggar. Kita terus dukung, supaya pembangunan PLTA terbesar yang ada di Indonesia tersebut bisa segera terujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *