Waspada, Ini Penyebab Kanker Payudara Pada Remaja

Waspada, Ini Penyebab Kanker Payudara Pada Remaja

Kanker payudara pada remaja memang awalnya akan sangat sulit terdeteksi dan dirasakan jika tidak melakukan check up rutin bagi penderitanya sejak dini.

Masa remaja memang identik dengan kesenangan dan masih jauh dari kata memperhatikan kesehatan tubuh, tubuh secara tidak langsung masih terlihat fit dan sehat namun semua itu belum tentu jika sebenarnya kondisi dalam tubuh tidak diketahui secara pasti.

Apalagi kanker payudara, penyakit yang tergolong sangat berbahaya ini memang harus mendapatkan perhatian serius karena terkadang orang meremehkan bahwa penyakit tersebut tidak ada dalam tubuh mereka.

Penyebab kanker pada usia remaja memang banyak faktor yang mempengaruhi, mau tau apa saja penyebabnya simak penjelasanya berikut ini.

– Konsumsi alkohol berlebihan

– Kegemukan

– Gaya hidup tidak teratur

– Riwayat keluarga atau bisa dibilang keturunan dari salah satu keluarga ┬ábisa menjadi faktor pendukung

– Pola makan dan konsumsi lemajk berlebihan

– Perubahan gen BRCA1 dan BRCA2

– Implan payudara

– Radiasi

– Terapi penggantian Hormon (HRT)

Selain beberapa penyebab kanker payudara diatas, ada beberapa panyebab yang bisa dibilang masih simpang siur atau mitos dan belum terbuktu secara ilmiah memang itu bisa menjadi penyebab kanker payudara.

– Kafein

– Deodoran

– Microwave

– Telepon

Sampai saat ini memang  belum jelas secara pasti apa yang menjadi penyebab kanker payudara. Sebagai Dokter mulai mengetahui kanker payudara berkembang setelah sel-sel payudara mulai tumbuh secara abnormal.

Sel-sel abnormal tersebut membelah diri dengan lebih cepat dari sel sehat, dan terus menumpuk, hingga membentuk benjolan. Pada kasus yang paling sering terjadi, tumbuhnya sel abnormal ini dimulai pada sel-sel yang berada di saluran penghasil susu. Selain itu juga dapat terjadi pada jaringan kelenjar yang disebut lobulus. Kemudian el-sel dapat menyebar (metastasis) melalui payudara ke kelenjar getah bening atau ke bagian tubuh lain ((mayoclinic.org, Breast Cancer, diakses 04 November 2014)).

Terlebih lagi gejala kanker tahap awal memang harus mendapatkan penanganan serius jika tidak ingin berlanjut semakin parah dan masuk dalam gejala kanker stadium mulai dari 1, 2, 3 dan 4.

Oleh karena itu hidup sehat dan selalu melakukan check up rutin setiap bulanya membantu anda mengetahui kesehatan tubuh anda dan bisa melakukan penanganan awal lebih cepat jika didalam tubuh terdapat kanker payudara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *