Wisata Cruise Indonesia Jadi Primadona Traveler

Wisata Cruise Indonesia Jadi Primadona Traveler

Sebagai Negara kepulauan yang dikelelingi lautan indah, Indonesia memang menjadi tujuan destinasi wisata bahari dan salah satunya adalah wisata cruise Indonesia. Jenis wisata cruise atau wisata kapal pesiar beberapa tahun ini mulai dilirik oleh wisatawan asing maupun lokal sebagai referensi model berlibur kekinian.

Menjelajah destinasi bahari Indonesia dengan kapal pesiar memang sungguh pengalaman mengasyikan bagi para traveler.

Hal baru memang bagi Indonesia mengenal istilah wisata cruise atau wisata kapal pesiar. Kebanyakan wisata cruise sudah populer di kawasan Eropa dan Asia sebagian. Namun sejak tahun 2015 wisata cruise mulai masuk ke Indonesia dan mampu mengambil pasar pariwisata di Indonesia.

Di tahun 2018 wisata cruise Indonesia melonjak pesat, menurut data dari Kementerian Pariwisata tahun 2018 ini saja diperkirakan akan ada  372 kapal pesiar dari semua jalur pelayaran akan mengunjungi pelabuhan di lndonesia.

Jika melihat jumlah kunjungan kapal pesiar ke Indonesia 2018 memang terlihat peningkatan yang begitu siginifikan daripada tahun 2017 yang hanya  187 kunjungan kapal pesiar bisa dibilang naik 100 persen.

Kenaikan memang sudah diprediksikan oleh Kementerian Pariwisata, program pariwisata yang dilaksanakan oleh Kemenpar untuk mendukung Indonesia 2018 17.000 wisatawan asing.

Untuk kunjungan wisata cruise kapal pesiar Indonesia sampai sekarang masih terpusat di beberapa destinasi ungulan seperti Bali dan Lombok dengan rincian  Bali sebanyak 82 kunjungan pada 2018, kemudian Kepulauan Gili (43 kunjungan), Pulau Komodo (40 kunjungan), Semarang (23 kunjungan), dan Surabaya (20 kunjungan).

Melihat kondisi ini apakah Indonesia sudah siap dengan wisata cruise ? jika melihat dari beberapa aspek memang pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan lembaga terkait sedang dikebut untuk pembangunan dan pemebanahan infrastruktur mendukung wisata cruise Indonesia.

Ditahun 2020 bisa dipastikan kunjungan wisata cruise ke Indonesia akan semakin meningkat dan semakin menjanjikan apalagi bagi industri pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *