Investasi di IKN Nusantara Terus Mengalir, Potensi Mencapai Rp80,4 Triliun

Investasi di IKN Nusantara Terus Mengalir, Potensi Mencapai Rp80,4 Triliun

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkapkan bahwa potensi investasi di IKN Nusantara masih sangat besar. Hingga saat ini, sudah ada delapan kali rangkaian groundbreaking yang melibatkan 60 perusahaan, dengan total investasi yang terealisasi mencapai Rp6,89 triliun.

Meski demikian, OIKN optimis bahwa masih ada potensi investasi senilai lebih dari Rp80 triliun yang bisa masuk dalam waktu dekat.

Plt Wakil Kepala OIKN, Raja Juli Antoni menjelaskan bahwa terdapat 61 minat investasi di IKN Nusantara yang telah disampaikan melalui Letter of Intent (LoI) dengan nilai total Rp80,4 triliun. Minat tersebut datang dari berbagai perusahaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Investasi tersebut merupakan kombinasi antara investasi langsung sebesar Rp49,3 triliun dan investasi melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau Public Private Partnership (PPP) senilai Rp30,9 triliun.

“Masih ada 61 lagi yang dalam proses pembahasan. Ini totalnya sekitar Rp80,4 triliun,” ujar Raja Juli setelah menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Jakarta pada Senin, 9 September 2024.

Di antara investasi yang sedang dibahas, sekitar Rp21,4 triliun berasal dari investor asing, menunjukkan bahwa proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara juga menarik minat internasional. Rangkaian groundbreaking terbaru yang diadakan beberapa hari lalu menghasilkan investasi senilai Rp1,27 triliun dari lima proyek.

Hal ini menambah jumlah total investasi di IKN Nusantara yang telah disepakati menjadi Rp57,47 triliun, setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa nilai investasi pada rangkaian groundbreaking ketujuh mencapai Rp55,6 triliun pada Agustus lalu.

Dengan terus bertambahnya minat investasi, Otorita IKN optimis bahwa pembangunan ibu kota baru ini akan semakin menarik berbagai sektor, baik domestik maupun internasional. Infrastruktur yang sedang dibangun diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia sebagai tujuan investasi global.

Demikian informasi seputar investasi di IKN Nusantara. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Mbipike.Com.